5 Pokok Doa Saat Alami Keputusasaan Dalam Karir
Sumber: jawaban.com

Finance / 19 October 2023

Kalangan Sendiri

5 Pokok Doa Saat Alami Keputusasaan Dalam Karir

Claudia Jessica Official Writer
1035

Menafkahi keluarga merupakan sesuatu yang harus dilakukan, tetapi terkadang kita tidak sadar bahwa karir bisa sangat menyita waktu jika kita tidak berhati-hati. Tanpa sadar, kita bisa menjadikan karir sebagai berhala dan mereduksinya dengan sekedar mendapatkan gaji demi menafkahi keluarga.

Tuhan memberitahu kita bahwa pekerjaan kita juga bisa menjadi ibadah apabila kita mengerjakannya untuk Tuhan, bukan “allah lain”. (Kolose 3:23)

Memang tidak mudah untuk mencapai work-life balance, tapi ketika kita menjalani hidup dengan tujuan tanpa harus bekerja terlalu keras, kita tidak akan melewatkan momen-momen penting dalam hidup.

 

BACA JUGA: Ini 4 Prinsip Alkitabiah yang Pasti Bikin Keuangan Millenial Bebas Utang

 

Marilah kita berdoa atas 5 pokok doa ini untuk memindahkan gunung karir dalam hidup Anda:

#1 Tuhan, bantu aku menemukan kesukaanku

Terkadang, orang terjun ke dunia pekerjaan hanya untuk menghasilkan banyak uang, bukan karena tertarik. Tetapi, apakah itu yang benar-benar Anda sukai? Cobalah tuliskan beberapa hal yang Anda sukai, apa saja.

Terkadang, kita mengambil pekerjaan karena merasa harus memiliki pemasukan untuk menafkahi keluarga dengan gaji yang besar. Namun, jika ternyata Anda berada di pekerjaan yang salah, perubahan karir mungkin diperlukan.

Berdoalah dan minta kepada Tuhan untuk menunjukkan pekerjaan apa yang tepat bagi Anda pada waktu yang tepat. Tuhan bisa melakukan apa saha dan mencarikan pekerjaan untuk Anda. Serahkan kepada-Nya dan dia akan mencarikan Anda sesuatu yang tidak hanya menghasilkan gaji, melainkan yang lebih baik.

#2 Tuhan, bantu aku menyusun kembali prioritasku

Pekerjaan bisa menjadi fokus utama karena kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di tempat kerja. Namun, Kejadian 3 memberikan kita pandangan yang bertentangan dengan gagasan ini. Kita sering kali merasa terlalu lelah bekerja sepanjang minggu dan hanya mendapatkan sedikit waktu untuk beristirahat. Hari Senin rasanya datang terlalu cepat dan membuat kita lesu.

Namun, Yesus bekerja dengan cara yang berbeda. Ia tidak bekerja keras lalu istirahat. Yesus bekerja sambil istirahat, baca Kitab Suci, dan menikmati waktu bersama Bapa.

 

BACA JUGA: Miliki 5 Nilai Alkitabiah Ini Supaya Jadi Pemimpin yang Efektif di Tempat Kerja

 

Jika Anda merasa pekerjaan membuat Anda terbebani dan cemas, bukan memberi kehidupan, mungkin ini saatnya untuk mencari pekerjaan yang baru.

#3 Bantu aku untuk tidak mengikuti orang lain

Terkadang kita merasakan iri dengan apa yang orang lain miliki, tetapi itu bukan kehendak Tuhan bagi kita. Tuhan memberi kita kehidupan yang sederhana, tetapi terkadang kita bekerja terlalu keras untuk mendapatkan yang kita inginkan.

Sekarang, coba jawab pertanyaan ini. Apakah Anda bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri atau untuk membuat perbedaan dalam kehidupan keluarga dan komunitas Anda?

Penting bagi kita untuk memiliki tujuan dalam bekerja. Jika Anda hanya bekerja untuk mendapatkan gaji, maka di akhir karir Anda nanti Anda akan menyadari bahwa pekerjaan itu tidak begitu penting daripada yang Anda kira.

#4 Bantu aku untuk membangun pondasi dengan Firman Tuhan

Terdengar sederhana, tetapi penting bagi kita untuk membangun pondasi dengan Firman Tuhan. Fokuslah kepada janji Tuhan untuk Anda dan apa yang Dia katakan tentang Anda. Apakah menurut Anda pekerjaan Anda merupakan pengganti janji-janji Tuhan?

Di dunia yang kita tinggali saat ini, karir kita saat ini bisa saja hilang hari ini atau besok. Jangan biarkan identitas Anda berpusat pada seberapa banyak uang yang Anda hasilkan atau seberapa bergengsinya pekerjaan Anda. Jika Anda dengan tujuan dan niat, pekerjaan itu tidak akan terasa berat sama sekali.

 

BACA JUGA: 4 Alasan Tuhan Lebih Dulu Melatih Kita Dengan Keras Sebelum Jadi Orang Sukses

 

Bahkan Yesus sendiri berpegang pada Firman Tuhan di saat sulitnya. Kita juga harus mengambil teladan Yesus ini.

#5 Tuhan, bantu aku menjadi terang di sekitarku

Luangkan waktu Anda meskipun pekerjaan Anda menyita banyak waktu Anda. Penting bagi kita untuk bekerja dengan mengetahui bahwa hidup kita memiliki makna. Jika Anda mungkin tidak bisa berganti pekerjaan, tetapi Anda masih bisa hidup dengan tujuan. Yang Anda perlukan adalah menghabiskan waktu luang yang Anda miliki sesuai dengan tujuan Anda.

Habiskan waktu dengan orang-orang yang Anda cintai dan berikan waktu Anda secara sukarela. Kurangi beban kerja dan fokus pada pekerjaan yang Anda nikmati. Dengan cara ini, Anda akan menyadari bahwa pekerjaan bukan sekedar tugas dan rutinitas semata, melainkan suatu hal yang dapat membantu Anda berkembang. Bekerjalah sesuai tujuan yang Tuhan rancangkan untuk Anda.

Mari bagikan artikel ini kepada orang-orang yang sedang merasa putus asa dengan karir mereka.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami